Rabu, 30 Mei 2012

trik and tips buat jadi presenter / MC  

tips ini saya dapatkan dari sebuah buku panduan untuk menjadi seorang presenter. 

modal utama untuk menjadi seorang presenter atau MC tentu saja suara. dari setiap kata yang diucapkan oleh seorang presenter harus jelas untuk menghindari kesalah pahaman terhadap publik.
setiap orang memiliki karakter suara tersendiri, ada yang tebal , tipis dan sedang. karaktrer suara yang tebal akan terdengar berat, karakter suara yang tipis akan terdengar melengkin dan suara yang sedang menghasilkan suara yang tidak begitu berat dan melengking. setiap suara itu akan terdengar baik apa bila dilakukan latihan vocal yang rutin. suara yang enak di dengar ada suara yang tidak cempreng. namun hal ini bisa diperbaiki dengan latihan vocal yang rutin. 

so langsung aja ya ke tips intinya : pertama-tama 

menjiwai konsep acara itu sendiri atau berita yang akan kita sampaikan. contoh kita akan menjadi presenter berita. ketika berlatih , lakukan ekspresi seoalah-olah anda memahami dan mengalami sendiri peristiwa yang kamu bacain tapi jangan terlalu lebay ya :)
kurangnya penjiwaan dalam membacakan berita bisa ngurangin unsur pengahayatan dan penegasan sebuah berita yang disampaikan ke publik.

kedua , intonasi suara juga harus diperhatikan tuh, biar enak di denger latihan baca dulu atau beri tanda baca di teks bacaan kamu biar lebih gampang latihannya.

ketiga 
mengontrol ritme suara, saat berbicara, biasakan kontrok kualitas suara. jangan berbicara dengan nada yang terlalu cepat, namun jagan juga terlalu lambat.

keempat 
mengatur pernapasan , ini juga penting jangan sampe pas lagi bawaain acara atau baca berita kita ngos-ngosan kayak hbis lari-lari. atur nafas sebelum memulai membawakan acara, minum air putih dan jangan terlalu banyak gerak, save ur energy:)

kelima 
atur artikulasi suara, suara harus terdengar jelas dan bersih. latihan baca kata-kata yang sulit di dalam teks ya, biar pas bacainnya ga beribet

keenam 
dibutuhkan kemampuan berbahasa indonesia yang baik, atau gunakan bahasa yang baik dalam setiap membacakan suatu berita. 

ketujuh 

jangan terlalu tegang, dateng tepat waktu, pelajari situasi dalam lokasi acara. istirahat yang cukup ya sebelumnya dan jangan lupa berdoa.

mudah-mudahan tips ini bermanfaat buat temen-temen yang ingin menjadi presenter atau MC dalam sebuah acara. tetap berlatih, tetap semangat :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar